Bandarsicboonline.com – Di Era yang modern seperti sekarang ini, Gelato juga hadir dengan banyak varian rasa , salah satunya yang cukup unik yaitu rasa klepon dan Orek Tempe, Wah gimana yah rasanya ? Wajib dicoba loh !

Seperti halnya es krim, gelato juga mudah dikreasikan dengan aneka bahan. Yang masih tren hingga sekarang adalah memadukan rasa kue atau kudapan khas Indonesia dalam gelato. Sebut saja gelato martabak, klepon hingga klappertaart.

Salah satu yang mempopulerkan gelato rasa unik khas Indonesia ini adalah Locarasa. Restoran Indonesia ini memang mengangkat gelato sebagai menu andalannya.

Ada sekitar 13 rasa gelato yang variannya terus berganti dan berkembang. Yang terbaru adalah gelato tempe. Pastry Chef Solihin dari Locarasa menjelaskan proses kreatif pembuatan gelato tempe.

“Butuh waktu sekitar 1,5 bulan untuk mengembangkan rasa gelato ini. Sempat melalui proses trial and error. Pertama mencobanya dengan memadukan sari tempe mentah dengan adonan gelato, hanya saja rasanya kedelai banget,” tutur Chef Solihin. Ia lalu membuat gelato tempe dari sari tempe goreng. “Rasanya ternyata lebih disukai orang-orang di kantor yang saya jadikan ‘kelinci percobaan,'” ujar Chef Solihin berseloroh.

Gelato tempe diakuinya tidak terlalu berasa tempenya. “Sengaja disesuaikan dengan ditonjolkan rasa karamelnya. Dalam adonan gelato juga ditambahkan potongan tempe goreng yang sudah jadi karamel sehingga ada tekstur crunchynya,” lanjut chef ramah ini.

Tergolong varian baru, gelato tempe ternyata mulai banyak peminatnya. Yang tak pernah surut kata Chef Solihin adalah gelato klepon. “Gelato ini sudah ada dari dulu dan sampai sekarang masih best seller,” kata Chef Solihin.

Untuk mentransformasikan klepon menjadi gelato, Chef Solihin membeberkan triknya. “Pertama harus dicari tahu dulu klepon itu dibuat dari apa saja. Ada tepung ketan, tepung beras, gula merah, pandan dan kelapa,” kata Chef Solihin.

Ia lalu merepresentasikan bahan-bahan tersebut jadi cairan yang bisa dipadukan dengan adonan utama gelato berupa krim, susu dan gula. “Kelapa, misalnya, diambil dari pemakaian santan,” kata Chef Solihin.

Uniknya gelato klepon ini juga menghadirkan gumpalan gula merah di antaranya, mirip seperti gula merah yang jadi isian klepon. Selain gelato tempe dan klepon, Locarasa juga punya gelato dengan cita rasa lokal.

Yang juga baru adalah gelato mangga dari mangga gedong Cirebon. Gelato tamarilo atau terong Belanda juga disukai. Begitu pun gelato vanilla Flores, kenari Jailolo dan cappuccino berbahan biji kopi Toba.

Kalau mau cicip gelato cokelat juga ada varian dark chocolate. Seorang pengunjung, Adele mengaku sangat suka gelato ini. “Rasa cokelatnya tuh beda dari di tempat lain, cokelat banget,” katanya pada detikFood.

Seluruh varian gelato unik ini bisa dicicip dalam kemasan cup atau cone. Kemasan cup 100 gram harganya Rp 22.000, bisa pilih maksimal 2 rasa. Kemasan cup 200 gram dibanderol Rp 27.500 dengan pilihan 3 rasa. Kalau penasaran, yuk mampir ke Locarasa di Jalan Kemang Raya No.88.

Artikel Terbaru dari Bandar Sicbo Online

Apabila Anda memiliki komentar/pertanyaan, silahkan hubungi Costumer Service Kami 988Betlink melalui bantuan yang tersedia atau livechat langsung dengan kami.
BBM : D62477FB / DCD8D2AA
WA : 0812 9188 8808

Tags: , , , ,